catatan kaki

Dari tahun 1966 sampai 1969 saya mengajar bahasa Inggris di Robert Academy, yang terletak di Bosporus di pinggiran utara Istanbul. Pakaian adalah masalah bagi kita fakultas Amerika dan keluarga kita. Apa yang tersedia di pasar Turki adalah bukan dari kualitas tinggi



kami terbiasa di Amerika. Kita tidak bisa memiliki apapun benda dikirimkan kepada kami karena Turki biaya bea cukai. Kita semua bergantung pada teman-teman dan kerabat mengunjungi kami dari dunia barat dan membawa kita item yang dibutuhkan pakaian.
Sepatu adalah masalah tertentu bagi saya. Aku mengambil tenis selama Istanbul tahun saya. gerak saya melayani terlibat menyeret kaki kanan saya sepanjang trotoar pengadilan, dan aku terus mengenakan keluar ujung sepatu tenis kanan saya. Saya memiliki urutan berdiri untuk setiap pengunjung untuk menyenangkan membawa saya sepasang Converse All Star Stan Smith Model tennies. Saya mencari sia-sia untuk, petenis besar berkaki kidal dengan masalah yang sama dan yang mungkin memiliki persediaan sepatu hak diservis yang bisa membuat pasangan dengan beberapa sepatu kiri unworn ditumpuk di lemari saya.
Saya juga berusaha beberapa ski di Turki Mt. Uludag, dekat Bursa. Saya tidak punya peralatan dan tergantung pada penyewaan. Pada perjalanan ski pertama saya, saya pergi ke setiap tempat sewa di gunung mencari sepatu ski yang akan menampung ukuran saya 13 kaki. Mereka tidak punya. Dalam keputusasaan, saya kembali ke tempat penyewaan pertama di mana saya telah mencoba di boot hak yang hanya sedikit menyiksa tapi lebih baik daripada booting saya telah mencoba kemudian. boot masih tersedia, tetapi ketika saya meminta pasangannya, orang sewa hanya mengangkat bahu dan menunjuk tumpukan besar sepatu yang bahkan tidak berpasangan dan menyarankan agar saya mencari sendiri untuk pasangan boot yang tepat ini. Saya akhirnya ski menyakitkan di sepatu serasi yang kira-kira ukuran yang sama.
Liburan sekolah berikutnya yang datang, saya dan istri saya pergi ke Munich, di mana saya yakin saya akan dapat membeli sepatu ski nyaman. Jerman, setelah semua, adalah sebagai besar sebagai orang Amerika, saya pikir. Aku pergi ke setiap toko yang menjual peralatan ski. Kebanyakan salesman hanya menggelengkan kepala mereka ketika saya mengatakan kepada mereka apa ukuran yang saya butuhkan. Mereka akan senang untuk membangun sepasang custom-made bagi saya, tapi itu akan menjadi cukup mahal dan saya tidak punya waktu untuk menunggu mereka. Saya akhirnya membeli sepasang siap pakai yang saya pikir akan tidak nyaman tetapi dapat digunakan. Saya kemudian menjualnya kepada anggota fakultas lain yang memakai ukuran 12 ..
Aku berdiri sekitar 6'3 '' dan pada saat ditimbang di suatu tempat antara 195 dan 210. Pada perjalanan belanja ke Athena saya mengunjungi setengah lusin toko pakaian dan mendapat kepala negatif yang sama goyang ketika saya bertanya tentang baju dan celana. Aku menyelamatkan banyak uang karena satu-satunya pembelian saya bisa membuat yang dasi, ikat pinggang dan saputangan. Untungnya, orang tua dan teman-teman mengunjungi kami dari Amerika dan sumber berharga pakaian dan perlengkapan lainnya tidak tersedia bagi kita di Turki. Sulit bagi saya untuk mengingat setelah tinggal terakhir 40-beberapa tahun di California, bagaimana bersemangat Sally dan istri saya digunakan untuk menjadi di mengemil Fritos impor, kacang dip, dan Cheez Whiz, item tidak tersedia di pasar Turki.
Kami punya putra sulung kami selama kami tinggal di Istanbul. kelahiran berlangsung di sebuah rumah sakit bersalin bernama G'zel Bah'e. Para perawat Turki yang gushingly ucapan selamat. Hal ini sangat penting untuk Turki bahwa anak pertama laki-laki. Setelah kelelakian Brian kami mapan, semua perawat dan scrubwomen terus bermunculan ke dalam ruangan dengan selamat dan mashallahs.
Sally adalah di klinik selama seminggu. Ada sofa di kamarnya yang aku bisa berbaring dan membaca atau tunda. Para perawat mendorong saya untuk pop di seberang jalan dan membeli botol bir Turki untuk membantu produksi susu Sally. Melihat melalui jendela di selusin bayi setengah di boks mereka, saya melihat bahwa situasi changeling tidak perlu khawatir tentang. Brian adalah satu-satunya bayi dengan berbulu, kepala Nordic berbentuk. Semua yang lain masih bayi Turki berambut gelap dan bulat berkepala.
pemilik Turki dan keluarganya sangat bersemangat untuk melihat kami pulang dengan bayi laki-laki kami, dan mereka curahkan hidangan makanan lezat pada kami. Aku tidak akan pernah melupakan satu hadiah anonim yang kami temukan di depan rumah kami, mungkin dari salah satu tetangga kami. Kami kembali dari mengunjungi teman-teman untuk menemukan sepasang sedikit sepatu bayi kulit putih yang menggantung dari gagang pintu kami dengan tali. Pada outing berikutnya kami dengan bayi kami sepuluh hari-tua, kami memutuskan tootsies Amerika-nya akan bersepatu a la Turca. Tapi ada masalah. Sepatu yang terlalu kecil.

Komentar

Postingan Populer